Langsung ke konten utama

Menu Sahur Yang Sehat

Mengingat bangun dan makan di dini hari memang membuat kita agak malas. Terkadang kita hanya melewati makan sahur hanya dengan cemilan, yg bahkan cemilan tersebut belum tentu mencukupi nutrisi untuk tubuh ketika nanti kita menjalankan ibadah puasa.

Namun para ahli sepakat bahwa makan dengan baik adalah kunci untuk mempersiapkan tubuh untuk berpuasa selama berjam-jam kedepan, Anna Holmes, seorang ahli gizi dan pelatih pribadi berkhualitas di Smart Fitness Dubai, menjelaskan "Makanan yang bergizi dan seimbang akan meningkatkan fungsi kognitif, membuat hidrasi anda tetap terjaga, memberikan jumlah energi yang berkelanjutan sepanjang hari dan membuat puasa lebih dapat ditolerir untuk tubuh"


Meskipun kita sedang berpuasa ataupun tidak, mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi menyebabkan lonjakan kadar gula darah dan insulin- ini kemudian menyebabkan peningkatan produksi kortisol (hormon stres), akibatnya dalam seketika gula darah menjadi naik lalu secepatnya jadi turun, yang membuat diri kita merasa lelah, lesu dan akhirnya lapar. Efek ini sangat merugikan saat berpuasa. Holmes mengatakan bahwa saat sahur kita harus makan "makanan berbasis protein yang kaya serat dan kaya akan karbohidrat kompleks [yang menjaga tingkat energi tetap stabil] di samping lemak sehat yang membantu anda tetap waspada dan fokus"

Akan tetapi apa sajakah makanan yang dimaksud tersebut? Coklat dan nasi, gandum, kentang, kacang polong, kacang merah dan roti gandum adalah contoh bagus dari makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang sangat penting.




Disamping itu daging dan ikan adalah sumber protein, tapi itu membuat anda merasa terlalu dini untuk memakannya di saat bangun sahur, anda bisa menggantinya dengan sayuran, telur, yoghurt yunani, biji chia, keju cottage, kinoa dan tahu juga mengandung protein tinggi.

Alpukat dan salmon kaya akan Omega-3, minyak kelapa, kacang-kacangan dan biji-bijian, zaitun dan minyak zaitun adalah pilihan terbaik untuk memilih makanan berlemak yang sehat (baik). Dari sekian banyak makanan-makanan tersebut haruslah di iringi dengan air yang cukup, Holmes menyarankan agar anda mengkonsumsi 1,5 sampai 2 liter di saat berbuka dan sahur ini akan memastikan anda agar siap menjalani hari dengan aktifitas seperti biasa.



Menu Saat Sahur Yang Dianjurkan



1. Oat dan Almon Smoothie

Cepat saji, menenangkan sistem pencernaan dan dengan variasi yang tidak ada habisnya, smoothies adalah cara yang baik untuk memulai hari anda. Pilihlah varietas kotak oat dan almond yang tepat, oat sehat dan kaya akan serat untuk menambah daya tahan tubuh anda, kurma mengandung kalium, rasa manis alami dan dorongan energi yang sangat dibutuhkan dan mentega almond adalah sumber yang baik untuk Protein dan asam lemak Omega-3

2. Quinoa, bayam, buncis dan semangkuk biji delima

Quinoa adalah sumber protein lengkap (mengandung semua sembilan asam amino esensial) dan memiliki indeks glisemik rendah-sehingga tidak menyebabkan kadar gula darah melambung. Bayam menyediakan vitamin dan mineral yang melimpah, biji delima dan buncis kaya akan antiosidan serta menambah tekstur, rasa dan dosis protein rendah lemak.

TIPS

Masak quinoa 120g sesuai petunjuk, atur wajan dia tas kompor lalu masukan minyak 1 sendok makan. Tambahkan 400g chickpea kaleng yang dikeringkan aduk lalu tunggu hingga matang selama 8-10 menit sampai garing. Aduk secara merata quinoa bersama beberapa genggam sayur bayam dan serpihan biji delima. Tambakan jus lemon dan minyak zaitun sebelum di sajikan.



3. Telur zaatar yang mudah di panggang dengan feta


Dengan menggabungkan telur Omega-3 berlimpah, tomat kalengan rendah kalori dan taburan feta kaya kalsium ... telur panggang hanya butuh beberapa menit untuk disajikan di atas meja anda.


Tuang 400g tomat kalengan kedalam loyang atau wajan oven. Bumbui dengan secara merata, tambahkan 1 sendok teh serpih cabe (jika mau). Buat empat inden dangkal di permungkaan tomat, pecahkan telur dan tuangkan ke tiap tomat. Hancurkan 80g feta dan campurkan dengan 1 sendok teh zaatar. Panggang di 200C selama 8-10 menit atau sampai telurnya dimasak sesuai dengan keinginan anda.

TIPS

Jika anda suka variasikan dengan menambahkan bayam dan paprika merah, atau coba irisan jamur, tyme dan parutan cheddar.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Streaming FIlm Eloise (2017) Subtitle Indonesia

Sinopsis film Eloise: Four friends break into an abandoned insane asylum in search of a death certificate which will grant one of them a large inheritance. However, finding it soon becomes the least of their worries in a place haunted by dark memories Genre : 2017, Horror, Thriller, Mystery IMDB rating : 4.6/10 Director : Robert Legato Stars : Eliza Dushku, Robert Patrick, Chace Crawford

Streaming Film If We Were a Season (2017) Subtitle Indonesia

Sinopsis film  If We Were a Season : bercerita tentang cinta pertama antara teman masa kecil Hae-Rim (Chae Soo-Bin) dan Ki-Seok (Jang Dong-Yoon). Genre :  2017, Drama, Romance, Korea Release : 3 September 2017 Director : Kang Soo-Yeon Cast : Chae Soo-Bin, Jang Dong-Yoon, Jin Young, Ahn Seung-Kyoon, Lee Joon-Hyuk, Jung In-Gi

Nonton Film Jumanji: Welcome to the Jungle 2017 Subtitle Indonesia

Sinopsis film  Jumanji: Welcome to the Jungle : bercerita tentang empat anak sekolah yakni Spencer (Alex Wolff), Fridge (Ser’Darius Blain), Bethany (Madison Iseman) dan Martha (Morgan Turner), yang menemukan sebuah konsol permainan video game tua dengan permainan yang belum pernah mereka dengar bernama ‘ Jumanji Mereka secara tidak sengaja ‘masuk’ ke dalam permainan dan menjadi avatar yang mereka pilih. Ketika mereka memilih karakter permainan dan menekan tombo; ‘start’, mereka tersedot ke dalam hutan liar  Jumanji , dan terperangkap di dalam tubuh karakter yang mereka pilih. Spencer tiba-tiba menjadi Dr.Smolder Bravestone (Dwayne Johnson), Fridge berubah menjadi Franklin ‘Moose’ Finbar (Kevin Hart). Martha terperangkap dalam tubuh Ruby Roundhouse (Karen Gillan), dan yang paling aneh si cantik Bethany menjadi professor Shelly Oberon (Jack Black) Untuk mengalahkan permainan dan kembali ke dunia nyata, mereka harus menjalani petualangan paling berbahaya dalam hidup mereka da