Langsung ke konten utama

10 Solusi Untuk Mengatasi Masalah Kehidupan

Kamu gemuk, banyak hutang, sering menggigit kuku, tinggal di gubuk kotor yang kamu sebut sebagai apartemen, tidak dapat menemukan pekerjaan yang layak, dan hidup kamu menyebalkan. 

Yah- mungkin tidak seburuk itu, tapi jika kamu bisa memperbaiki hal-hal disatu area atau lainnya, saya bisa membantu. Berikut adalah 10 solusi terbaik untuk mengatasi masalah yang paling mengganggu dan menyebalkan di dalam kehidupan sehari-hari.




10. Rumah Kamu Berantakan




Jika kamu tidak rutin dalam mengatur serta menjaga kebersihan rumah mu, maka bencana akan segera menghampiri mu. Debu terakumulasi, kabel mencuat kemana-mana, cucian tidak dilipat, barang-barang kamu yang tidak bisa disingkirkan berserakan di mana-mana. Hal pertama yang perlu kamu lakukan, adalah pilih beberapa jam dalam seminggu  mendedikasikan diri untuk memberihkan rumah. Pekerjakan PRT jika kamu membutuhkannya dan sanggup mengupah mereka, atau temukan cara untuk benar-benar menikmati waktu pembersihan. Selain menonton TV atau mendengarkan musik di waktu luang mu, pembersihan serta perbaikan rumah adalah hal yang perlu kamu lakukan di waktu senggang. Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk mempercepat keseluruhan proses. Saat melipat cucian, gunakan metode melipat dua detik untuk menghemat banyak waktu. Saat kamu membenahi pakaian mu, atur dengan warna atau skema memori, sehingga kamu tidak perlu pusing mencari-cari dan dapat menemukannya dengan mudah di kemudian hari. 

Berbicara tentang pengorganisasian, kamu harus mulai mengatur sebelum keluar dan membeli produk sehingga kamu benar-benar tahu apa yang kamu butuhkan (jika ada) dan hindari membuang-buang  uang (boros). Untuk membenahi kabel yang mencuat seperti kabel komputer, televisi, internet dll, kamu bisa menggunakan kawat pengikat atau tali apapun untuk membuatnya tampak rapih. Untuk sebagian besarnya kamu mungkin tidak dapat menghemat waktu untuk membersihkan debu, tapi kamu bisa menyaringnya dengan cara menyalakan kipas thermostat yang mampu mengambil debu berterbangan di udara serta menyedotnya (nyalakan selama 15 menit) atau kamu bisa gunakan vacuum cleaner. Kamu juga bisa membuat kain perangkap debu yang dapat digunakan kembali untuk menghemat uang mu.



9. Kamu Kecanduan Teknologi




Nah.... jadi begitu? ok, ok, ada kecanduan yang baik dan ada juga kecanduan yang buruk. Kehadiran teknologi dalam kehidupan mu dapat memberi pengaruh yang besar tanpa menimbulkan masalah, namun kamu juga perlu tahu kapan kamu harus menghindarinya. Menyadari bahwa kamu menggunakan gadget terlalu sering itu tidak akan membawamu ke mana pun jika kamu tidak tahu kapan harus melarang diri untuk menggunakannya. Lingkungan sosial adalah tempat yang baik untuk memulai, mungkin dengan membiarkan kan diri mengintip HP kamu satu atau dua kali setiap malam. Bila kamu menetapkan batasan, maka kamu akan tahu bahwa kamu memiliki begitu banyak kesempatan untuk ngechek dan menggunakanya dengan baik. Ada baiknya kamu matikan sebelum tidur, karena menyimpan teknologi di kamar tidur ... cenderung kamu akan menggunakannya dan layar bercahaya dalam kegelapan tidak akan membantu kamu tidur dengan nyenyak. Ini juga berpotensi sebagai gangguan pagi dan juga berpotensi membuat kamu terlambat untuk pergi bekerja. Salah satu saat yang terbaik untuk mematikan, mungkin ini juga adalah salah satu yang kamu anggap paling buruk : Ketika kamu sedang keluar rumah, dan berjalan-jalan atau hanya duduk tanpa melakukan apa-apa. 

Salah satu masalah utama dalam kecanduan teknologi sebagai akibatnya adalah kurangnya kesadaran. Seperti halnya dengan bioskop, lalu TV, dan sekarang smartphone. Teknologi membawa pikiran mu ke tempat lain tanpa memandang di mana kamu berada. Jika kamu mulai meluangkan sedikit waktu untuk menyadari keadaan di sekeliling mu, mungkin kamu tidak hanya akan tertarik dengan kejadian di sekililing mu, tapi juga akan jauh menjadi lebih fungsional dalam berbagai situasi. Saya memiliki banyak layar kecil dan besar di dalam hidup saya, dan semua itu menyenangkan, tapi saya tidak bermaksud untuk menatap mereka kemanapun saya pergi. Sediakan waktu luang untuk dunia luar dan ini akan membantu memudarkan kecanduan teknologi pada diri kamu.


8. Kamu Dimanipulasi




Kita semua ini adalah manipulator dan korban manipulasi dengan cara yang berbeda, karena kita dirancang untuk mencoba dan mendapatkan apa yang kita inginkan. Tapi ada terlalu banyak orang yang melakukan manipulasi secara ekstrem dan ini adalah hal yang mengerikan untuk kita jumpai. 

Pertama-tama, penting untuk mengidentifikasi bagaimana manipulasi itu bekerja dan bagaimana gagasan dapat ditanamkan di kepala kamu, sehingga kamu tahu apakah itu benar-terjadi pada diri kamu. Jarang sekali kamu bisa meyakinkan seorang manipulator handal untuk menghentikan manipulasinya pada kamu, maka pemecahan masalahnya ada dua langkah proses: identifikasi masalah dan hilangkan. Jika kamu dimanipulasi, potong semua ikatan dengan sang manipulator. Mungkin sulit, tapi itu adalah satu-satunya cara untuk melakukannya.



7. Kamu Tidak Bisa Tidur




Tidur itu sangatlah penting, mungkin lebih penting daripada makanan. Tidur bahkan bisa membantu kamu dalam menurunkan berat badan, jika tidur mu kurang nyenyak, ada banyak hal yang dapat kamu coba untuk membantu kamu mengatasi masalah ini. 

Pertama-tama, berhentilah membaca layar backlit sebelum tidur! Sebenarnya, jauhkan teknologi dari kamar tidur secara bersamaan. Kamu juga harus mulai membatasi kafein dan stimulan lainnya (Kafein benar-benar membuat otak kamu terus bekerja). Ini mungkin perubahan yang sulit, namun ada beberapa cara untuk bangun pagi secara efektif tanpa stimulan. (Saya tidak menggunakan stimulan dan saya memiliki energi sepanjang hari hampir tiap hari, jadi saya tahu itu mungkin.) Makan makanan yang lebih berat di pagi hari dan kurang di malam hari dapat membantu tidur dengan lebih baik. Kamu harus berekesperimen sedikit untuk menemukan cara yang berhasil, tapi bila kamu merawat diri sendiri secara fisik, secara umum, kamu mungkin akan bisa tidur dengan sebagaimana mestinya.


6. Kamu Miskin




Rupanya kamu akan bahagia jika mendapatkan uang sebesar Rp 100 juta, tapi jika kamu berada dalam posisi belum mencapainya, masih banyak cara untuk mendapatkan uang ekstra. Banyak situs website yang menawarkan banyak cara untuk menghasilkan uang ekstra selama waktu luang kamu, jadi ambilah beberapa dan mulai bekerja. Jika lebih banyak pekerjaan yang tidak sesuai dengan harapan, maka biasakan hidup miskin. Hidup lebih berhemat, lakukanlah sendiri dengan sering, dan manfaatkanlah semua barang gratis yang tersedia untuk kamu (sambil menyadari biaya sebenarnya dari barang-barang gratisan tersebut). Jika over-spending adalah masalahnya, maka latihlah emosi sebagai penggila barang yang dapat memicu pengeluaran kamu secara radikal. Hindarilah berhutang!


5. Kamu ingin Menghilangkan Kebiasaan Buruk




Menghindari kebiasaan buruk memanglah sangat berat, seperti misalnya menggigit kuku atau merokok. Tapi ada beberapa cara yang bisa kamu coba. Berpikirlah tentang kebiasaan kamu layaknya seorang hater itu mungkin bisa membantu, tapi kamu harus bersabar dan itu membutuhkan waktu yang lama. Ada pertanyaan yang mungkin ingin kamu tanyakan pada diri sendiri, dan mungkin kamu menemukan bahwa membentuk kebiasaan baik akan mempermudah kamu untuk menghancurkan yang buruk. Saya suka menggunakan imajinasi saya (misalnya "jari-jari kamu terbuat dari kotoran, jadi jangan mengunyahnya") tapi itu berhasil hanya dalam beberapa waktu saja. Apapun metode yang kamu gunakan, apakah itu ringan atau ekstrem, kamu harus bisa meyakinkan diri sendiri bahwa kebiasaan itu benar-benar buruk. Kita cenderung menyukai kebiasaan buruk kita dan hanya melihat kerusakan yang ditimbulkannya, tapi itu juga memberikan kita kenyamanan. Jika kita tidak bisa menyadari dan sepenuhnya memahami betapa buruknya kenyamanan itu, kebiasaan itu akan selalu lebih sulit untuk dipatahkan.


4. Kamu Kelelahan (atau menuju tahap)




Hal yang paling utama, kamu perlu benar-benar menyadari bahwa kamu kelelahan. Terkadang kamu bisa sangat terbebani oleh apa yang sedang terjadi sehingga membuat mu lelah dan bahkan tidak tahu apa yang salah. Nyeri dada, sering sakit kepala, pesimisme, melewatkan makanan, penurunan produktifitas, frustasi, konsentrasi yang buruk, dan penurunan daya tahan tubuh adalah tanda umum kelelahan. Jadi apa yang harus kamu lakukan? 

Terkadang liburan adalah cara terbaik untuk memulai, hanya untuk mendapat kembali sedikit kefokusan kamu. Ketika kamu kembali, bagaimana pun, kamu perlu menerapkan langkah-langkah untuk menemukan keseimbangan dalam hidup mu. Perubahan strategis yang kecil merupakan kunci untuk menemukan keseimbangan itu, dan bukannya menghasilkan banyak keputusan yang mengubah hidup. Kamu akan menemukan bahwa perubahan besar lebih sulit untuk disesuaikan dan dapat menimbulkan kegelisahan. Pada akhirnya, banyak hal kecil yang akan memiliki dampak lebih besar dari pada yang besar. Merencanakan istirahat yang nyata ke hari mu adalah suatu keharusan. Kamu juga mungkin menemukan bahwa menyisihkan waktu tertentu, di kemudian hari, adalah yang terbaik untuk mengerjakan tugas membosankan yang tidak kamu sukai atau mengganggu perhatian. Mengubah lingkungan kerja kamu juga dapat memberikan dampak pada perasaan kamu, namun yang terpenting adalah kamu memperhatikan setiap langkah yang diperlukan untuk menghindari kelelahan sebagai prioritas nomor satu didalam hidup mu.


3. Kamu Membenci Pekerjaan Mu



Saya tahu sangat sedikit orang yang tidak membenci pekerjaan mereka, dan terkadang karena pekerjaan mereka mengerogoti kemanusiaan mereka dari hari ke hari dan disamping itu karena pandangan mereka. Jika kamu berada dalam situasi dimana pekerjaan kamu itu mengerikan, kamu mungkin perlu untuk berhenti. Untuk mengetahui ke mana harus pergi selanjutnya, kamu harus memutuskan apa yang ingin kamu lakukan. Jika itu adalah suatu bidang yang kamu kuasai, dapatkan resume kamu dalam kondisi prima dan mulailah mengirimkannya. Saat kamu mendapatkan panggilan untuk interview, bersiaplah, tapi anggap lah yang meng-interview kamu itu belum siap. Jika kamu menginginkan pekerjaan diluar bidang spesifik kamu, semua itu relevan, berikut adalah Cara Mendapatkan Pekerjaan Dengan Cepat . Jika kamu bisa cerdas, karismatik, dan pandai sebaiknya kamu melakukannya dengan baik.

Tapi bagaimana jika kamu tidak ingin meninggalkan pekerjaan mu meskipun itu membuat mu menderita? mungkin saja pandangan kamu terhadap pekerjaan tersebut dijadikan sebagai pertimbangan. Kamu mungkin tidak seimbang dan kelelahan seperti yang sudah saya bahas di atas.

2. Kamu Gemuk dan Tidak Sehat



Jika kamu tinggal di Amerika setidaknya kamu tahu bahwa kamu tidak sendiri. Tidak ada cara untuk menghindari berat badan di sana, dan itu adalah masalah besar bagi mereka dan sulit untuk mengatasinya. Jika kamu butuh atau ingin menurunkan berat badan, sebagian di sana tidak membutuhkan atau menginginkan informasi seputar diet atau olahraga. Kuncinya adalah menemukan rutinitas diet dan olahraga yang benar-benar kamu sukai. Naluri kamu mungkin mencoba dan bergerak cepat sehingga kamu dapat memperlancar prosesnya dan tekun serta kurus dengan cepat, tapi itu adalah suatu ide buruk. 

Jika kamu gemuk, lalu kamu menurunkan berat badan dengan cukup cepat itupun jika kamu mengkonsumsi makanan sehat dan melakukan beberapa aktifitas fisik. 

Bagi kamu yang ingin mencoba menurunkan berat badan hingga 10-20 pound, maka kamu memiliki tugas yang lebih sulit. Either way, kamu harus menempatkan rencana yang benar-benar matang. Harus kerja keras, tapi kerja keras yang sesuai dengan keinginan kamu bukan kerja keras yang ingin kamu banggakan kepada orang lain setiap hari.

Jadi bagaimana kamu harus menyusun rencana itu? Tidak mungkin bagi saya untuk mengatakan apa yang berhasil dan apa yang tidak berhasil untuk kamu, tapi kita bisa membicarakan beberapa pilihan. Pertama, keterampilan kognitif- mengatasi perilaku bisa menjadi cara yang baik untuk membentuk suatu rencana. Itu akan membantu kamu memusatkan perhatian mu pada makanan yang akan kamu makan, pada saat kamu duduk di belakang kursi sambil menonton TV (misalnya), secara teratur mengingatkan diri kamu akan tujuan mu, dan membantu kamu bersikap positif. Secara pribadi, saya pikir penting untuk menyusun profil psikologi sebelum memulai diet dan olahraga. Karena kamu adalah manusia dan jika kamu hanya memfungsikan logika mu maka kamu tetap akan selalu sehat sepanjang waktu. Karena kamu juga adalah makhluk yang sangat emosional, kamu akan memiliki hasrat yang tidak selalu berupa fisik. Secara pribadi, saya memiliki obsesi psikologis yang aneh terhadap cupcake. Jati diri kamu adalah cara yang baik untuk menghindari masalah ini dan mencari solusi sebelum itu terjadi. 

Bila kamu benar-benar telah memulai diet kamu, saya berpikir bahwa memakan makanan yang baik dan sehat, kurang lebih adalah cara yang baik untuk diet. Berolahraga sebelum sarapan pagi juga dapat menyebabkan penurunan berat badan yang lebih baik. Tidur lebih banyak juga banyak membantu penurunan berat badan. Apapun yang kamu lakukan, pastikan itu adalah sesuatu yang dapat kamu lakukan atau jika tidak itu akan menjadi tidak berguna bagi diri kamu. Cobalah menu makanan yang baru dan aktifitas fisik untuk menemukan apa yang kamu sukai. Ini adalah satu masalah yang tidak dapat kamu kalahkan sampai kamu menemukan cara untuk menikmati kerja keras yang dibutuhkan untuk mengalahkannya.


1. Kamu Tidak Bahagia




Ini adalah masalah yang sangat pribadi yang akan memiliki jawaban yang sangat pribadi, dan kemudian satu atau lebih masalah yang telah didiskusikan sebelumnya adalah faktor penyebabnya. 

Konon, kebahagiaan tidak harus menjadi sesuatu yang sulit untuk dicapai. Kamu akan bahagia hampir setiap hari jika kamu merawat fisik (misalnya aktifitas fisik reguler, makanan sehat, cukup tidur, dll.) Dan kamu melakukan hal-hal yang membuat kamu bahagia. Masalahnya biasanya adalah apa sebenarnya yang benar-benar dapat membuat kamu itu mendapatkan kebahagian? karena manusia itu mengerikan dalam memprediksi masa depan dan sulit untuk menyederhanakan sebagian besar keputusan. Berikut adalah beberapa cara untuk mengetahuinya dan menyusun rencana yang dapat kamu gunakan:

Pertama, inilah yang saya lakukan. Saya adalah orang yang umumnya bahagia, meskipun itu hanya kurang dari satu dekade. Saya membuat banyak keputusan yang menurut saya akan membuat saya bahagia, menemukan sebagian besar dari itu semua malah membuat saya lebih tidak bahagia, dan kemudian memutuskan untuk membuat sebuah rencana baru. Dulu saya mempunyai teman yang memperlakukan saya dengan buruk, dan langkah pertama dari rencana itu adalah mengakhiri persahabatan itu. Saya menyadari bahwa kami memiliki banyak perilaku serupa, dan perilaku tersebut membuat saya tidak bahagia, jadi saya menerapkan sebuah kebijakan untuk melakukan kebalikan dari semua hal yang saya kira akan dia lakukan. Hidup saya telah menjadi hasil yang lurus sejak saat itu. Untuk menyederhanakan lebih jauh, saya membuat hampir semua keputusan berdasarkan jawaban atas dua pertanyaan. Pertama, saya bertanya apakah mengatakan ya untuk pilihan ini dan akan membuat saya bahagia. Kedua, saya bertanya apakah saya pikir mengatakan ya adalah benar untuk dilakukan. Jika kedua pertanyaan itu ya, saya melakukannya, dan jika tidak maka saya tidak melakukannya. Terkadang saya takut dengan apa yang mungkin hilang saat saya mengatakan tidak, tapi rasa takut itu berkurang setiap hari karena banyak hal baik terjadi.

Tapi saya bukanlah semua orang, jadi apa yang saya lakukan bukanlah pilihan terbaik buat kamu. Pilihan lainnya termasuk memusatkan perhatian pada hal-hal kecil, secara sistematis mengganti hal-hal buruk dalam hidup kamu setiap minggu, menghasilkan Rp 100 juta (tapi tidak lebih), mengurangi nonton TV, tidak perfeksionis, tidak berpura-pura bahagia, meningkatkan harga diri kamu, dan memikirkan apa yang membuat kamu tertawa hari ini.


Hidup bisa jadi sulit, tapi jika kamu berkomitmen pada diri sendiri dan memprioritaskan hal-hal yang penting, kamu mungkin tidak akan menyadarinya lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Streaming FIlm Eloise (2017) Subtitle Indonesia

Sinopsis film Eloise: Four friends break into an abandoned insane asylum in search of a death certificate which will grant one of them a large inheritance. However, finding it soon becomes the least of their worries in a place haunted by dark memories Genre : 2017, Horror, Thriller, Mystery IMDB rating : 4.6/10 Director : Robert Legato Stars : Eliza Dushku, Robert Patrick, Chace Crawford

Streaming Film If We Were a Season (2017) Subtitle Indonesia

Sinopsis film  If We Were a Season : bercerita tentang cinta pertama antara teman masa kecil Hae-Rim (Chae Soo-Bin) dan Ki-Seok (Jang Dong-Yoon). Genre :  2017, Drama, Romance, Korea Release : 3 September 2017 Director : Kang Soo-Yeon Cast : Chae Soo-Bin, Jang Dong-Yoon, Jin Young, Ahn Seung-Kyoon, Lee Joon-Hyuk, Jung In-Gi

Nonton Film Jumanji: Welcome to the Jungle 2017 Subtitle Indonesia

Sinopsis film  Jumanji: Welcome to the Jungle : bercerita tentang empat anak sekolah yakni Spencer (Alex Wolff), Fridge (Ser’Darius Blain), Bethany (Madison Iseman) dan Martha (Morgan Turner), yang menemukan sebuah konsol permainan video game tua dengan permainan yang belum pernah mereka dengar bernama ‘ Jumanji Mereka secara tidak sengaja ‘masuk’ ke dalam permainan dan menjadi avatar yang mereka pilih. Ketika mereka memilih karakter permainan dan menekan tombo; ‘start’, mereka tersedot ke dalam hutan liar  Jumanji , dan terperangkap di dalam tubuh karakter yang mereka pilih. Spencer tiba-tiba menjadi Dr.Smolder Bravestone (Dwayne Johnson), Fridge berubah menjadi Franklin ‘Moose’ Finbar (Kevin Hart). Martha terperangkap dalam tubuh Ruby Roundhouse (Karen Gillan), dan yang paling aneh si cantik Bethany menjadi professor Shelly Oberon (Jack Black) Untuk mengalahkan permainan dan kembali ke dunia nyata, mereka harus menjalani petualangan paling berbahaya dalam hidup mereka da